Sunday, March 15, 2020

Surat Inem Tang Terkarantina di Itali

Dapat forward dari teman di group WA,. Saya kira tulisan ini sangat bagus untuk bahan perenungan kita semua yang saat ini tengah mendapat ujian dari Tuhan. Musibah paling berat yang dirasakan oleh hampir semua warga bumi dari semua negara. Indonesia yang sempat tidak tembus oleh bencana inipun akhirnya terkena juga. Ya Allah, berikan kami kekuatan untuk bisa melewati ujian berat ini. Semoga tulisan yang diambil dari status seorang saudara kita yang berada di Itali ini bisa menjadi penyemangat, koreksian atau apapun yang bisa membuat kita semakin siap dan sigap menghadapi Corona, Covid-19.

Sebenarnya aku agak malas nulis yang beginian. Semenjak dikarantina, waktu ku menjadi semakin berharga. Selain gak tau kapan ajal menjemput, Aku juga seorang ibu rumahtangga yang punya anak umur 2tahun yang lagi bandel2nya dan gabs diajak kompromi.
Jd sempet mikir 2kali antara nulis ini atau beresin cucian, piring kotor, rumah berantakan, belum lagi harus disinfektasi lantai, baju, sepatu, gagang pintu & printil2an anak yang abis dibawa keluar rumah (maklum, Gue blm tajir mampus buat bayar PRT di Italy yang gajinya rata2 €10/jam). Tapi mumpung anak tidur siang & berasa punya tanggung jawab sosial terhadap tanah air, Gue tulis seadanya dan secepatnya aja ya.
COVID19 itu BUKAN SEKEDAR FLU, OTOOONG!!!
Kalo cuma flu, ngapain Gue susah2 ngerem diri di rumah, mending jalan2 ke Venice atau Menara Pisa, atau ngopi2 bareng Valentino Rossi & Francesco Totti, mumpung di Italy toh.

Yang koid di Italy udh lebih dari 800 orang woy! Lo tau ga Itali segede apa? Ga lebih gede dr pulau Jawa! Jadi kebayang kan kalo di pulau Jawa mati 800 org cuma gara2 virus? Tau ga kalo sistem sanitasi di itali itu yang terbaik di Eropa? Di Eropa woy, jd gausah bandingin ama Asia, cina, apalagi Indonesia, ga level!
Di negara yang sistem sanitasinya terbaik aja, yang meninggal udh lebih dr 800 org, di tiap rumah sakit pun udh kewalahan nanganin pasien.
Pasien corona yang jd prioritas aja udah ditaro di koridor2 bahkan mau ditransfer ke hotel saking gada lg tempat yang nampung. Semua dokter & staf medis kerja 24jam cuma buat ngurus org yang terinfeksi ni virus. Terus org lain yang sakit, kecelakaan, patah tulang, kebelet ngelahirin, dll gmn? Ya harus nunggu!! Jadi kebayang ga chaosnya kayak apa di rumah sakit??? Masih bilang ini cuma virus flu?!
“Yah, mortal rate-nya kan cuma 2%..." Ya emang cuma 2%, kalo ditanganin dgn baik (baca: BUKAN di Indonesia). Disini yang suspect langsung jd prioritas, alat bantu pernafasan langsung siap di emergency room tiap rumah sakit & puskesmas.

Di Indonesia gimana?? Di Indonesia mortal rate-nya jelas jauh lebih besar. Tau sendiri kan sistem sanitasi di Indonesia gimana. Belum lagi simpang siur informasi yang kurang transparan.
“Salah pemerintah lah... Kenapa ga ditanggulangi dgn jelas, malah bikin diskon pariwisata dll."
Ya SALAH ELU JUGA OTOOONG. Udah tau ni virus baru aja ditetapin WHO sebagai epidemia internasional, lah elu malah haha hihi di hajatan temen, jalan2 ikut diskonan, ngemol bareng geng2 grup wa.
Covid19 ini sangat viral, perkembangannya sangat cepat dan sulit terdeteksi.* *Sampai kemarin Gue masih santai2 aja mesti dikarantina di rumah, yang penting masih bisa belanja bahan makanan & sedikit hirup udara segar di halaman depan rumah. Tp hari ini tiba2 semua berubah. Sekarang buat belanja aja mesti punya surat sertifikat. Keluar rumah selain hal urgen bs dipenjara 3 bulan atau denda sebesar €260. Tiap habis keluar rumah harus disinfektasi tangan dan barang2 yang kemungkinan disentuh orang lain. Belum lagi masker yang udh jd make-up sehari2.
“Ah...orang Indonesia mah udh biasa, DBD juga viral kok." Serah lu deh Tong, hidup lo mati lo bukan urusan Gue. Pasien DBD ga mungkin nularin penyakitnya ke dokter, staf rumah sakit, atau keluarga nya kan? Serah lu deh, mikir aja sendiri, lulus SD kan? Gue udh pusing mikirin tiket mudik yang udh terlanjur dibeli buat lebaran nanti yang mau gak mau mesti dicancel, males mikirin lu segala.
Saran Gue cuma 3 kalo lo mau dengerin, biar keadaan lo di Indonesia ga ngenes2 amat kayak Gue:
1. GAUSAH keluar rumah, apalagi kumpul2, bikin hajat, atau jalan2 ke tempat umum kalo ga penting2 amat.
2. Kalau terpaksa ketemu orang lain, jaga jarak aman, MINIMAL 1 METER.
3. CUCI TANGAN sesering mungkin, wudhu juga boleh bangeet, asal PAKE SABUN.
Jadi intinya WASPADA, bukan PANIK, apalagi sampe beli indom*e berdus2 (memperkuat daya tahan tubuh butuhnya vitamin woy, bukan mecin).
Udah gitu aja, anak Gue udh keburu bangun. Kalo mau dengerin sukur, kalo ngga, yang penting Gue udh sampein. Jangan bilang Gue ga ngingetin ya kl knp2.
Salam peace dan cium virtual (biar ga nyebar virus)
Inem
a.k.a Amelia Rachim
(jewelry designer, bekerja dan tinggal di Itali lebih dr 10 tahun)*


0 Komentar "Surat Inem Tang Terkarantina di Itali"