Thursday, March 5, 2020

Resep Membuat Donat Kentang

Resep Membuat Donat Kentang  - Donat adalah salah satu makanan ringan yang populer di negeri ini. Jadi kalau ada yang bilang tak kenal donat rasanya aneh. Bahkan nyaris tak ada yang tak suka makanan satu ini. 


Resep Membuat Donat Kentang

Sebelum membuat donat kentang tentu kita harus menyiapkan semua bahan-bahannya. Jangan sampai, pada saat proses ternyata ada bahan yang belum tersedia.


Bahan yang diperlukan:
a. 500 gram tepung terigu protein tinggi,
b. 250 gram kentang yang telah dikukus, haluskan dan dinginkan,
c. 50 gram susu bubuk fullcream.
d.  Lalu 4 butir kuning telur,
e. 100 ml air dingin, 100 gram gula halus,
f. 75 gram mentega, setengah sdt garam,
g. 50 gram susu bubuk fullcream,
h. 1 bungkus/ 11 gram ragi instant.

Cara Membuat Donat Kentang 




Setelah semua bahan siap, langkah pertama adalah mencampurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, serta ragi instant, menjadi satu lalu aduk-aduk rata. Kemudian masukkan kentang halus, aduk sampai rata. 

Langkah kedua yaitu silahkan masukkan kuning telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. Lalu tambahkan mentega serta garam, uleni lagi, terus hingga kalis elastis. Setelah itu diamkan selama 15 menit. Setelah bentuk adonan menjadi bulat atau mungkin mau bentuk lain, silahkan. Kemudian diamkan selama 20 menit, sampai adonan terlihat mengembang. 

Lalu jika ingin diberi lubang, buat lubang kecil di tengah-tengah bentuk adonan lalu goreng dengan minyak panas di atas api sedang hingga kuning keemasan. Gunakan sumpit kayu atau bahan yang tidak mudah meleleh saat donat mulai mengembang. Lalu masukkan sumpit di tengah lubang kecil donat sambil digoyang dengan berputar-putar sehingga lubang membesar dan rata.


Langkah terakhir  Membuat  Donat Kentang yakni angkat dan tiriskan lalu hiasi dengan topping gula halus atau coklat leleh atau meises atau keju atau aneka toping lainnya sesuka kalian. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.




Ga susah kan ngebuat donat kentang? Kalau kita ikuti step demi step dan tak ada yang terlewati, tentu saat ini anda sedang berebut dengan anak - anak di rumah, menikmati donat kentang yang super lezat. 

0 Komentar "Resep Membuat Donat Kentang "