Tuesday, November 22, 2016

3 Jenis Warna Urine dan Yang Harus Anda Ketahui

 
Jika terjadi sesuatu dalam tubuh kita, secara otomatis tubuh kita akan memberikan tanda tanda. Tanda tersebut seperti demam, warna kemerahan, atau rasa sakit. Lalu bagaiamana dengan sistem ekskresi atau pengeluaran? Tubuh teteap memberikan tanda salah satunya adalah melalui warna urine yang dikeluarkan. Berikut ini adalah beberapa warna urine dan penyebabnya.


    3 Jenis Warna Urine Menurut Medis dan Penyebabnya     

1. Warna merah
Ada beberapa penyebab warna urine menjadi berwarna merah atau berwarna pink. Yang pertama adalah disebabkan oleh konsumsi buah dan sayur seperti blueberry atau wortel. Sedangkan yang kedua diakibatkan oleh konsumsi obat obatan sebelumnya sehingga mempengaruhi warna air kencing. Gejala yang ketiga adalah gejala yang berbahaya ketika urine berwarna merah adalah karena adanya darah yang ikut keluar bersama sistem ekskresi. Hal itu menandakan adanya penyakit dalam saluran kencing anda seperti kanker, tumor, gangguan ginjal, masalah prostat dan lain lain. oleh karena itu jika anda mengalami kencing berwarna merah tanpa penyebab pertama dan kedua maka sebaiknya segera periksakan untuk mengetahui penyebabnya.

2. Warna Orange
Warna kedua yang umum ditemui adalah berwarna orange dan terkadang juga pekat warnanya. Ada beberapa hal untuk warna urine dan penyebabnya. Yang pertama yakni sama karena adanya konsumsi obat tertentu, yang kedua adalah anda kurang minum yang menyebabkan tubuh dehidrasi sehingga urine anda menjadi pekat berwarna orange. Alasan lain adalah adanya gangguan pada hati atau saluran empedu yang memproses urine. Jika hal tersebut terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti lemas berkelanjutan akan lebih baik jika anda memeriksakan kondisi kesehatan anda.

3. Warna Biru atau Hijau
Urine yang berwarna biru atau hijau merupakan gejala langka dalam dunia medis. Oleh karena itu jika terjadi tidak dalam waktu yang singkat anda harus segera menghubungi dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Hal ini paling dimungkinkan terjadi karena konsumsi obat seperti obat asma atau obat alergi.
Gejala lainnya dalam urine adalah seperti urine yang banyak berbuih. Urine yang banyak berbuih menandakan adanya protein yang terbuang dalam urine sehingga berhubungan dengan fungsi ginjal. Jika terus menerus mengalami hal seperti itu, segera hubungi dokter dan tenaga kesehatan lainnya.



    Secangkir Kopi Inspirasi       
"Harapan-harapan besar menciptakan orang- org yg hebat"  -Thomas Fuller-

0 Komentar "3 Jenis Warna Urine dan Yang Harus Anda Ketahui "