Tuesday, April 21, 2015

Penyebab Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit

Air ketuban yang sedikit pada ibu hamil merupakan salah satu ketidaknormalan pada proses kehamilan dan berakibat perut terasa sakit saat bayi dalam kandungan bergerak. Ada beberapa penyebab dari sedikit air ketuban pada ibu hamil, yaitu :

1.   Keputihan
Penyebab yang pada umumnya menyebabkan air ketuban sedikit adalah keputihan. Keputihan menyebabkan air ketuban keluar perlahan-lahan sehingga seringkali tidak disadari oleh ibu hamil oleh karena itu sebaiknya ibu hamil selalu rutin untuk melakukan pengecekan ke Dokter atau bidan.
2.   Kelainan Organ pada Janin
Penyebab lainnya adalah kelainan organ pada janin, untuk mengecek kelainan ini diperlukan pemeriksaan dengan menggunakan USG sehingga dapat diperiksa lebih lanjut mengenai kelainan organ pada janin dan dokter dapat melakukan tindak lanjut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
3.   Gizi dan Nutrisi yang kurang

Apabilan keputihan tidak terjadi dan pemeriksaan kelainan organ menyatakan hasilnya negatif, berarti penyebabnya ada pada asupan gizi dan nutrisi ibu hamil. Kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang cukup membuat ibu hamil tidak bisa memproduksi air ketuban dengan baik sehingga air ketuban ibu hamil menjadi sedikit. Oleh karena itu ibu hamil, suami atau keluarga sebaiknya memantau dan mengatur asupan gizi dan nutrisinya, pada intinya ibu hamil harus banyak memakan makanan yang sehat dan banyak minum air putih agar tubuh ibu hamil menerima asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk memproduksi air ketuban.

0 Komentar "Penyebab Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit"