Tuesday, November 15, 2016

Resep Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah

Bekantar.com -  Ada yang tau asal mula nama kentang Mustofa? Ternyata nama makanan yang keren ini semisterius Mukidi...he..he..he.... Gak usah bahas nama lagi ya, yang penting hasil makanan olahan dari kentang yang akan kita praktekkan ini bisa jadi makanan yang uenak. Menu olahak kentang ini biasanya kita jumpai di acara-acara hajatan atau warteg yang menyediakan kentang mustofa. Rasa gurih dan garing dari kentang yang bercampur dengan bumbu manis pedas, membuat makanan ini benar-benar dicintai. Karena selain bisa dimakan sebagai lauk nasi bersama dengan nasi hangat, sajian kentang mustofa ini tak kalah nikmat jika dimakan sendiri tanpa pendamping atau digado.

Sensasi pedas kriuk yang  renyah membuat makanan ini cocok disajikan kapanpun dan dimanapun. Nah, bagi anda para penggemar berat hidangan kentang mustofa, dan ingin membuat sendiri hidangan ini dirumah.


    Berikut Resep  Membuat Kentang Mustofa Garing     
Bahan-Bahan Untuk Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah
  • 1 kg kentang
  • 10 buah cabai merah, buang bijinya
  • 10 siung bawang putih, buang kulitnya
  • 150 gram gula pasir
  • Bawang goreng secukupnya
  • 75 ml air matang
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah

  1. Langkah pertama, cuci bersih kentang yang sudah dipersiapkan, kemudian kupas dan potong-potong kecil memanjang seperti korek api dan jaga agar pemotongan tidak terlalu tebal. 
  2. Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan, masukan kentang yang sudah dipotong-potong, goreng hingga kecoklatan atau hingga kentang menjadi lebih renyah. Saat melakukan penggorengan, upayakan kentang yang digoreng terendam oleh minyak, serta selama penggorengan jangan terlalu sering mengaduk atau membalikan kentang yang digoreng, hal ini dapat mengakibatkan kentang menjadi hancur. 
  3. Jika sudah digoreng, angkat dan tiriskan hingga minyak menetes.
  4. Sementara itu, haluskan bawang putih serta cabai merah menggunakan blender dan masukan sedikir air, blender hingga halus. 
  5. Panaskan minyak dalam wajan kira-kira 2 sendok makan, kemudian tumis bumbu yang baru saja dihaluskan menggunakan blender, aduk hingga merata kemudian berikan gula pasir dan garam kemudian aduk kembali hingga bumbu mengental. 
  6. Jika sudah selesai, matikan api dan masukan kentang pada bumbu tersebut sedikit demi sedikit, kemudian campurkan gula pasir dan bawang goreng sesuai selera anda. 
  7. Aduk-aduk hingga bumbu melumuri semua bagian kentang secara merata, angkat dan sajikan.
Bagaimana? Tidak sulit kan?! Jika anda mengikuti semua langkah di atas saya yakin hasilnya bisa memuaskan lidah siapapun yang ikut menyatap hidangan.
Motivasi Kopi Pagi Bekantar:

"Seseorang mulia bukan karena apa yang dimilikinya tapi karena pengorbanannya untuk memberikan manfaat bagi orang lain."

0 Komentar "Resep Membuat Kentang Mustofa Garing dan Renyah"