Wednesday, October 26, 2016

Tips Tinggi Plafon Ideal Rumah Minimalis

Pada rumah, kita pasti mengenal bagian interior yaitu plafon atau biasa juga dikenal sebagai langit-langit. Berdasarkan pengertian, plafon ialah bagian konstruksi yang menjadi pembatas rangka bangunan dan rangka atapnya. Lebih mudahnya plafon adalah pembatas antara atap dan ruang dibawahnya. 

Sebagai penutup, plafon ini kerap difungsikan sebagai tempat untuk menyembunyikan kumpulan kabel dan juga selang serta struktur rangka atap yang dianggap bisa mengganggu tampilan ruang secara keseluruhannya. Posisi plafon yang beberapa meter di bawah rangka atap, akan menimbulkan sautu tampilan rongga yang cukup untuk memuat bermacam instalasi. Pada artikel kali ini kita akan membahas tinggi plafon ideal rumah minimalis.

Plafon rendah untuk ruang sempit
Tinggi plafon ideal rumah minimalis, untuk jarak plafon dengan lantai ruangan juga harus diperhatikan secermat mungkin. Bila melihat tren saat ini, ada kecenderungan perubahan selera. Pemilik rumah menganggap plafon yang tinggi bisa diaplikasikan pada rumah dengan luas kecil maupun besar. Namun nyatanya hal ini malah salah. Untuk rumah dengan luas sekitar 54 meter persegi, plafon yang dirancang terlalu tinggi sangatlah tidak pas proporsinya. Karena dengan luas tersebut, lahan akan dibagi jadi beberapa ruang. 

Untuk kamar tidur kemungkinan hanya berukuran 3×3 meter. Untuk itu, plafon rendah dengan tinggi 2,7 meter dirasa lebih baik dan ideal. Jika ruang sempit disandingkan dengan plafon yang tinggi, nilai kenyamanan sementara dan malah menimbulkan masalah ke depannya. Nantinya plafon yang dipaksakan tinggi bisa mengakibatkan masalah bagi si pemilik rumah. Misalnya, debu menumpuk pada langit-langit dan sulit dibersihkan. Penempatan furnitur harus dipilah dengan tepat supaya sinkron dengan tingginya plafon.

3 meter untuk ruang lebih lega
Tinggi plafon ideal rumah minimalis untuk ruangan yang lebih lega sekitar 3 meter x 5 meter, jarak plafon lebih tinggi sekitar 0,3 meter bisa diterapkan. Plafon setinggi 3 meter dapat diaplikasikan pada ruang tamu atau kamar tidur utama yang biasanya luas sekitar 15 meter persegi. Untuk menambah nilai estetika, langit-langit dapat dilapisi dengan wallpaper senada dengan tema ruangan. Namun, perlu diingat, merancang plafon yang tinggi tentunya memakan biaya ekstra. Karena sudah barang tentu akan membutuhkan material yang lebih banyak.


0 Komentar "Tips Tinggi Plafon Ideal Rumah Minimalis "