Tuesday, October 11, 2016

Tiga Bahaya Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Yang Tidak Kita Sadari

Bekantar.com -- Jujur saja kita sering abai dengan masalah satu ini. Kebiasaan makan terlalu cepat tetap menjadi kebiasaan yang sulit diubah, baik karna kita punya alasan kuat atau malah tidak ada alasan sama sekali. Bahkan di beberapa kalangan ada pepatah buruk yang membenarkan kebiasaa buruk ini. "Kalau kamu makan lambat, berarti kamu juga lamban dalam bekerja!". Mengkonsumsi makanan sebaiknya dikunyah secara pelan-pelan sebagai kesopanan serta sangat baik menjaga kesehatan tubuh sendiri. Mengunyah makanan dalam mulut adalah proses penghancuran ataupun pelembutan pertama sebelum makanan itu masuk ke organ pencernaan diperut kita. Jadi sangatlah dianjurkan untuk mengunyah makanan kita lebih lama untuk bisa meringankan organ pencernaan. Tentu akan ada bahayanya jika mengunyah makanan terlalu cepat dalam mulut. Berikut adalah bahaya makan terlalu cepat.





Bahaya makan terlalu cepat pertama adalah Menaikkan Berat Badan Berlebih. Tahukah , dibutuhkan waktu kira-kira 20 menit untuk bisa mengirimkan sinyal kenyang ke otak kita. Jadi, jika anda makan terlalu cepat, maka secara otomatis sinyal kenyang ini belum diterima organ otak. Namun dilain sisi, perut kita sudah terisi penuh makanan.

Tidak Akan Menikmati Makanan Yang kita Makan  adalah bahaya kedua dari  makan terlalu cepat. Rutinitas makan yang seharusnya menjadi satu aktivitas  yang menyenangkan dan juga menyehatkan justru kita lewatkan begitu saja. Saat mengkonsumsi makanan secara pelan tentu nikmat  makanan akan terasa dan juga kandungan nutrisinya akan mudah untuk terserap dan dialirkan ke tubuh kita.

Bahaya ketiga dari makan terlalu cepat adalah bertambah beratnya pekerjaan organ pencernaan kita. Organ pencernaan kita di perut  sebagai pos kedua yang mengolah bermacam makanan yang dikonsumsi sebelum didistribusikan ke tubuh akan menanggung akibat dari kebiasaan buruk kita. Jika proses penghancuran  makanan di mulut tidaklah maksimal, maka otomatis organ pencernaan akan bekerja keras dua kali dari seharusnya.

Bahaya ketiga makan terlalu cepat yang paling tidak kita sadari adalah peningkata stres. tidak tahu kan?  Bagaimana anda tahu kalau anda tidak menyadari stress yang semakin naik anda rasakan ternyata disebabkan oleh kebiasaan buruk yang anda lakukan tiap hari. Saat kita mengkonsumsi makanan terlau cepat, maka mungkin saja pikiran di otak kita pun akan tetap dipenuhi oleh berbagai masalah yang dihadapi serta kita juga tidak bisa menemukan ide baru untuk busa memecahkan berbagai masalah yang sedang dihadapi kita. Makan adalah kebutuhan atau aktivitas wajib rutin dilakukan oleh setiap orang. 

Sarapan, makan siang dan makan malam mungkin jadi salah satu momen yang menyenangkan dan juga tidak akan terlewatkan tiap harinya. Energi yang dibutuhkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas dan pekerjaan diperoleh dari makanan yang kita konsumsi tiap hari. Mengunyah makanan secara pelan-pelan adalah aturan wajib yang harus dilakukan.

Motivasi Inspirasi Bekantar
Seseorang cepat atau lambat akan menemukan bahwa ia adlh tukang kebun dari jiwanya & direktur dari hidupnya  -James Allen-

0 Komentar "Tiga Bahaya Kebiasaan Makan Terlalu Cepat Yang Tidak Kita Sadari"