Tuesday, October 11, 2016

Tips Menata Ruang Tamu Minimalis

Bekantar.com -- Ruang tamu memiliki peran dalam tata ruang di rumah kita. Sebagai tempat utama di mana tamu kita berada saat berkunjung ke rumah tentu perlu perhatian tersendiri. Apalagi sebagian besar dari kita selalu memperlakukan tamu dengan istimewanya. Bukankah tamu adalah raja?  Jadi meski kita menemuan kesulitan ketika menata ruang tamu bergaya minimalis, kita tetap akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadikan ruang tamu sebagai "istana" bagi raja yang tengah melakukan kunjungan

Contoh Gambar Ruang Tamu Minimalis



Penataan ruang tamu bergaya minimalis sebenarnya hanya memiliki dua pilihan: berhasil atau gagal. Untuk yang senang dengan suasana yang lapang, definisi minimalis tidak sebatas ruangan kosong dan sedikitnya perabot. Ruangan tersebut justru akan terasa kosong dan sepi dengan tanpa meninggalkan ciri khas. Sebagai alternatif, ruangan kita harus diberi identitas dengan suatu sentuhan gaya tertentu. Misalnya gaya rustic yang pas untuk menggambarkan ruang tamu yang minimalis. Sementara ada juga model industrial yang berkesan elegan. Mari kita bahas lebih tentang tips ruang tamu minimalis.

Jaga ruang tamu tetap rapi
Membuat ruang tamu bebas dari barang yang berserakan adalah salah satu tips ruang tamu minimalis tidak harus menjadikan kita orang yang sibuk bersih-bersih. Cukup pastikan tiap benda punya fungsi penting, jika tidak sembunyikan di laci atau ruang tersembunyi lainnya. Intinya fokus pada barang-barang yang ingin kita lihat di ruang tamu.

Meja kopi
Meja kopi kerap jadi perabot utama di tiap ruang tamu minimalis. Benda ini bisa jadi tips ruang tamu minimalis Ukurannya yang kecil dan juga ringan membuatnya manis untuk tempat meletakkan barang-barang layaknya mangkuk dan vas bunga.

Dibalik gorden
Tips ruang tamu minimalis bila kita punya laci berongga, buatlah salah satu bagian tertutup tirai untuk menjadi perabot pemisah ruangan.

Hitung Jumlah perabot
Jika kita kerap kesulitan mengatur waktu untuk bersih-bersih ruangan, coba beli barang sedikit lebih mahal untuk memberi karakter ruangan. Misal saja meja kopi atau dekorasi meja elegan (seperti sarung meja!). Dengan ini, kita bisa membuat ruangan tetap rapi meski jarang dibersihkan.Satu lagi tips ruang tamu minimalis.

Perabot minimalis
Tips ruang tamu minimalis selanjutnya. Di tengah ruang tamu kita yang mengusung konsep minimalis, kehadiran perabot ukuran ergonomis jadi hal yang wajib. Untuk itu siapkanlah barang barang seperti sofa dan juga meja yang senada dengan usianya.

Manajemen Warna
Selain mengurangi banyak perabot, tips ruang tamu minimalis juga bisa dihadirkan dengan cara pemilihan warna yang tepat. Ruang tamu dengan sedikit kombinasi warna. Supaya lebih aman, pilihlah warna netral seperti hitam dan putih. Namun jangan takut untuk bermain sedikit warna-warni sentuhan warna terang. Asalkan kita hanya memilih satu warna misal merah atau ungu dan menghilangkan warna lain pada ruangan. Karena kita harus fokus pada satu warna dan gaya yang sudah  kita pilih.

Mutiara Motivasi Bekantar:
"Membuat yang simple menjadi rumit itu sudah biasa; membuat yang rumit menjadi simple itu
benar benar menakjubkan, dan itulah kreativitas." (Raewyn Brandon, desainer web dan grafis)

0 Komentar "Tips Menata Ruang Tamu Minimalis "