Thursday, November 15, 2012

Tutorial Mengkoneksikan Java Netbeans dan Ms.Access

Kali ini saya akan membagi Tutorial Mengkoneksikan Java Netbeans dan Ms.Access karna banyak permintaan di e-mail saya tentang cara mengkoneksikan kedua program tadi maka dalam kesempatan ini saya akan membaginya untuk para Pengkutip ilmu setia.Jika ada Komentar atau request dari Para Pengutip bisa langsung berkomentar di Kotak komentar atau di E -mail saya (Kutip.Ilmu@yahoo.com).
Langsung saja Cekidot :


A.MEMBUAT DATABASE 
Buka Ms. Access.. Di sini saya pakai Ms Access 2007, Untuk membuat database baru, pilih pada New Blank Database, maka akan muncul seperti gambar berikut ini :
 
setelah new blank database di klik, di bagian samping bakalan muncul penampakan seperti berikut :

Silahkan kasih nama databasenya, di sini saya menamai database dengan "databaseku” dan di simpan di folder D:\DATABASE\ACCESS. Simpan dengan format Ms Access 2003 atau tipe database *.mdb.
Caranya, klik tombol folder terbuka di kanan nama database. Lalu ubah tipe file database ke database Access 2000-2003 (*.mdb) Seperti gambar di bawah ini:

Klik OK à Klik tombol Create.
Kita klik tombol View di bawah bunderan di pojok kiri atas (Office button), Pilih Design View, kita akan diminta meng-Save tabel itu dulu,  dengan nama mahasiswa, klik ok




Sekarang coba kita buat field-field dan menentukan tipe datanya..

Setelah desain table. Kita kembali ke datasheet view, dengan cara klik view di bawah office button, pilih datasheet view.
Isikan record terserah anda ke dalam table.


Langkah B.MENGATUR KONFIGURASI ODBC Anda bisa baca Di Ms. Office dengan cara Download dukumen word di Sini Tutorial Mengkoneksikan Java Netbeans dan Ms.Access.

2 Komentar "Tutorial Mengkoneksikan Java Netbeans dan Ms.Access"

Anonymous December 30, 2012 at 4:31 PM WIB Permalink

ane coba gan..

Aries_Bro December 30, 2012 at 7:05 PM WIB Permalink

ok kawan..