Saturday, April 25, 2015

Efek Makanan Berformalin Bagi Tubuh

Efek Makanan Berformalin Bagi Tubuh -- Makanan berformalin? Benar – benar menyedihkan saat menyaksikan betapa banyak  terbungkapnya kasus makanan berformalin. Di media cetak dan elektronik bahkan sering kita lihat rality show mengungkap proses pembuatan makanan berformalin, begitu pula ramainya pemberitaan tentang   penggerebekan pabrik-pabrik pengolahan makanan yang mengguankan formalin sebagai pengawetnya. Sangat disayangkan karena formalin sejatinya adalah bahan pengawet yang diperuntukkan untuk mengawetkan mayat.

HIngga kini Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) masih sering menemukan pabrik atau tempat produksi makanan yang masih menggunakan formalin sebagai pengawetnya, memang formalin sangat mudah didapatkan, lebih murah dan dapat mengawetkan makanan dengan jangka waktu yang lama sehingga mengurangi resiko kerugian dari produsen apabila makanan produksinya kurang laku, namun mereka tidak memperhatikan betapa berbahayanya makanan berformalin bagi konsumen. Ada beberapa efek negatif dari mengkonsumsi makanan yang berformalin, efek langsung dari mengkonsumsi makanan berformalin adalah gejala mual, pusing, hingga muntah-muntah, namun efek jangka panjang dari makanan yang beformalinlah yang paling buruk.


Karena formalin ini memiliki efek akumulatif sehingga kadangkala konsumen tidak merasakan langsung efeknya namun formalin yang sudah masuk kedalam tubuh akan menumpuk dan meracuni organ-organ tubuh hingga menimbulkan gangguan percernaan dan resiko kanker. Pekerja di pengolahan makanan berformalin pun tak luput dari efek negatif formalin, karena mereka bersentuhan langsung dengan formalin sehingga seringkali mereka menghirup bau dari formalin yang bisa berakibat pada kanker pernapasan. Terkait ini, konsumen tidak perlu ketakutan hanya cukup berhati-hati terhadap makanan yang seharusnya hanya tahan 1-2 hari  tapi dapat bertahan hingga berhari-hari, kita patut waspada makanan yang kita konsumsi tersebut adalah makanan berformalin.

0 Komentar "Efek Makanan Berformalin Bagi Tubuh"