Friday, August 23, 2013

Trik Merawat Batere Laptop Agar Awet dan Tahan Lama





Trik Merawat Batere Laptop Yang Benar. Cukup lama nih sudah tidak update blog karena kesibukan offline. Karena itu saya paksa hari ini sebagai langkah awal untuk udpdate rutin.
Seperti pada artikel sebelumnya, anekatrik.com selalu berusaha untuk berbagi dengan pembaca tentang seputar trik dan tips yang bermanfaat.
Kalau beberapa tahun lalu, memiliki laptop masih termasuk barang lux yang tak semua orang bisa membeli. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, justru harga laptop murah semakin banyak di pasaran. Jadi meskipun masih tetap, belum semua orang memiliki laptop, tapi sudah lebih banyak orang bisa membeli laptop.

Trik merawat batere laptop yang benar pada intinya adalah bagaimana kita menjaga agar batere tetap awet dan tidak boros. Kepemilikan laptop yang mudah ini sayangnya tidak diimbangi dengan pengetahuan tentang perawatan yang bagus, termasuk bagaimana merawat batere laptop dengan baik. Karena itu saya coba akan berbagi trik merawat batere laptop yang baik pada pembaca yang budiman …(Budiwati tetap termasuk he..he..he…)
Kondisi itu bisa tercapai jika kita melakukan beberapa langkah:
1. Ketika membeli laptop baru ya… bukan bekas, anda harus men-charge Baterai Sekitar 8 – 10 jam.
2. Jangan sekali – kali, menyimpan atau menggunakan laptop di atas kasur, sofa, atau benda-benda empuk lainnya. Laptop butuh sirkulasi udara karena dia mengeluarkan panas. Kalau kita simpan di kasur, panasnya tidak akan keluar. Jadi kalau memang terpaksa, anda harus menggunakan alas yang cukup tebal dan keras agar sirkulasi tetap terjaga.
3. Saat Laptop tidak digunakan dalam waktu lama lepas dan  simpan baterai pada suhu yang sejuk dan kering. Tapi ingat, anda harus mengisisi baterai  penuh lebih dulu.
4. Hindari kondisi batere habis daya atau berada dalam 0% karena akan berdampak buruk pada batere.
5. Selalu mengisi  baterai hingga penuh, dan melakukan pengisian saat kapasitas baterai telah mendekati 10%.
6. Usahakan agar batere tidak terkena air, sebenarnya ini berlaku pada semua perangkat elektronik.
7. Jika anda sering melakukan aktivitas menyalakan dan mematikan laptop, ussahakan untuk tidak shut down dan restart, tapi pakai mode sleep saja ya, karena tenaga yang diperlukan untuk menyalakan ulang laptop sangat besar dan lebih besar daripada waktu laptop menyala.
8. Seting  kecerahan pada power management.di kurang dari atau sama dengan  50% atau bisa langsung dengan menekan Fn + left button keyboard.
9. Screen saver terbaik adalah screen saver blank, bukan yang cantik dan merupakan animasi.
10.Jika charge rusak, ganti dengan yang original!


Oke,  semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kita. Tapi satu hal yang perlu diingat, info anekatrik tentang trik merawat batere laptop ini yakin tak akan berguna jika anda hanya membacanya saja.

0 Komentar "Trik Merawat Batere Laptop Agar Awet dan Tahan Lama"