Monday, December 2, 2013

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer bisa didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan. Komputer sendiri berasal dari kata computere yang artinya adalah menghitung aritmatika.  Secara umum komputer dipakai untuk memproses perhitungan artimatika, tanpa perlu mesin bantu. Berdasarkan Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer dipakai dalam bahasa Inggris di tahun 1646 sebagai kata untuk menyatakan "orang yang menghitung" selanjutnya menjelang tahun 1897, kata komputer dipakai sebagai perujuk "alat hitung mekanis". Saat Perang Dunia II kata komputer merujuk pada para pekerja wanita Amerika Serikat serta Inggris yang bepekerjaan menghitung jalan artileri perang menggunakan mesin hitung


Komputer dalam bahasa bahasa lattin adalah 'computare' yang artinya adalah menghitung. Sebab begitu luasnya bidang mengenai ilmu komputer, para ahli serta para peneliti sedikit memiliki persepsi yang berbeda di dalam mengartikan apa itu komputer. Komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat serta bisa menerima informasi input dengan digital, kemudian memprosesnya sesuai program yang telah tersimpan di dalam memorinya, lantas selanjutnya menghasilkan output ataupun keluaran yang berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).

Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer), Komputer adalah sebuah alat elektronik yang mampu untuk menjalankan sejumlah tugas-tugas seperti Menerima input/masukan, Memproses input sesuai dengan program, Menyimpan perintah serta hasil dari pengolahan, Menyediakan output/keluaran di dalam bentuk informasi. Sementara itu,  Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders), Komputer adalah sistem elektronik yang berfugsi untuk memanipulasi data dengan cepat serta tepat yang telah dirancang serta diorganisasikan agar menerima serta menyimpan data input/masukan secara otomatis, lalu memprosesnya kemudian menghasilkan output di bawah pengawasan sebuah langkah dan instruksi program yang tersimpan dalam memori (stored program).

Dari sejumlah pendapat mengenai pengertian komputer di atas, maka bisa disimpulkan bahwa secara umum pengertian komputer yaitu sebuah alat elektronik yang bisa menerima input, mengolah input dengan memakai sebuah program yang tersimpan dalam memori komputer, memberi output yang berupa informasi serta bisa menyimpan program dan hasil pengolahan di dalam sebuah media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk ataupun media penyimpanan lainnya.

0 Komentar "Pengertian Komputer"