Wednesday, May 20, 2015

Posisi Tidur Ibu Pasca Melahirkan Yang Nyaman

Bagaimana Posisi Tidur Ibu Pasca Melahirkan Yang Tepat - Hampir semua Ibu yang habis melahirkan merasakannya, perasaan capai karena kurang tidur. Gangguan kesehatan ini teryata bisa disiasati dengan memilih cara tepat bagaimana posisi tidur ibu pasca melahirkan yang baik bagi kesehatan. Kesulitan tidur  merupakan masalah yang kerapkali dihadapi oleh Ibu setelah melahirkan, salah satu penyebabnya yang alamiah adalah karena harus menjaga dan mengurus buah hati. Seperti yang kita ketahui bayi memiliki pola tidur yang tidak beraturan layaknya orang dewasa sehingga kerapkali orang tua khususnya ibu harus siaga 24 jam karena bayi setiap saat terbangun bahkan tengah malam atau dini hari. Keadaan itu seringkali membuat seorang ibu sulit sekali tertidur lagi setelahnya sehingga mengganggu kebugaran dari ibu itu sendiri. Hal itu terjadi karena perubahan hormon yang mengakibatkan terganggunya otot saluran pernapasan dan bertambahnya pula volume perut sehingga mengganggu jalan napas, pada tahap selanjutnya akan timbul masalah Obstructive Sleep Apnea (OSA) yang menjadi masalah tidur pada ibu hamil selama masa kehamilan hingga setelah melahirkan.


Untuk mengantisipasi hal tersebut, para ibu bisa memperhatikan posisi tidurnya agar mudah tertidur lagi setelah buah hati tertidur pula. Dengan metode posisi tidur ibu pasca melahirkan minimal bisa membantu mengurangi rasa capai dan kantuk karena kurangnya waktu tidur normal bagi seorang wanita. Berdasarkan penelitian yang dilakukan para peneliti di Massachusetts General Hospital diketahui bahwa diameter saluran pernapasan bagian atas bisa berubah saat sang ibu mengubah posisi tidur dari berbaring ke posisi duduk sehingga meningkatkan kualitas pernapasan sehingga memudahkan ibu untuk tidur kembali dan terhindar dari masalah sleep apnea. Saat masuk pada posisi setelah berbaring, biasakan untuk menambahkan bantal di bawah tulang belikat dan bagian belakang dada, fungsinya untuk mengangkat bagian atas tubuh. 

Selamat menimang si buah hati kembali di pagi hari dengan lebih bugar. Semoga artikel singkat tentang posisi tidur ibu pasca melahirkan ini bermanfaat. 

0 Komentar "Posisi Tidur Ibu Pasca Melahirkan Yang Nyaman"