Saturday, April 18, 2015

Penyebab Rasa Kantuk Sepanjang Waktu


Pada umumnya setiap orang pasti memiliki rasa kantuk, rasa kantuk sendiri merupakan tanda dari tubuh bahwa anda harus segera istirahat. Biasanya rasa kantuk akan timbul sebagai efek dari aktifitas yang telah dilakukan sepanjang hari, namun ada juga sebagian orang yang mengalami rasa kantuk sepanjang waktu, mulai dari awal beraktifitas hingga selesai beraktifitas. Menurut beberapa sumber, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal seperti kurang tidur hingga masalah pada kesehatan, berikut penjelasannya :
1.  Kurang Tidur atau Tidurnya tidak berkualitas
Normalnya seseorang harus tidur selama 8 jam per hari, namun pada beberapa orang yang memiliki aktifitas yang tinggi seringkali waktu tidur tidak teratur bahkan kurang sehingga kerapkali orang tersebut mengalami rasa kantuk sepanjang waktu.
2.  Makanan yang tidak sehat
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis atau yang berlemak akan membuat tubuh cepat letih.
3.  Dehidrasi
Dehidrasi dapat menjadi penyebab rasa kantuk, oleh sebab itu usahakan untuk cukup meminum air putih seperti yang direkomendasikan sebanyak 8 gelas per hari.
4.  Kekurangan Vitamin B dan D
Kekurangan vitamin B dan D dapat mengurangi level energi dalam tubuh karena vitamin ini berguna untuk mengubah gula dalam tubuh menjadi energi.
5.  Infeksi
Infeksi akan menyebabkan peradangan mulai dari yang berat hingga yang ringan seperti radang tenggorokan yang akan membuat seseorang lemas dan tidak bertenaga.

0 Komentar "Penyebab Rasa Kantuk Sepanjang Waktu"