Friday, November 22, 2013

Pengertian Dasar Personal Computer

Personal Computer - Personal Computer (PC) atau komputer pribadi memiliki sejumlah arti. Yaitu sebagai istilah umum untuk komputer bisa digunakan dan didapatkan orang dengan mudah. Namun juga merujuk pada mikrokomputer yang sesuai spesifikasi IBM. Personal Computer yang pertama dikeluarkan IBM secara tak langsung mencetuskan pemakaian istilah PC (Personal Computer). Generasi mikrokomputer pertama hanya dijual di dalam jumlah sedikit pada orang yang mampu membelinya (membuat & merakit sendiri), serta mengoperasikannya, yakni para insinyur serta penggemar bidang elektronika. Semnetara mikrokomputer generasi dua lebih dikenal sebagai home computer (komputer rumah).

Istilah Personal Computer pertama kali dipakai pada majalah New Scientist di tahun 1964 di dalam artikel berseri yang judulnya adalah "The World in 1984" (Dunia pada Tahun 1984) dan di dalam "The Banishment of Paper Work" (Hilangnya Pekerjaan Tulis Menulis). Mikrokomputer generasi pertama mulai bermunculan  tahun 1970-an. Akan tetapi, masih tak memiliki kemampuan yang tinggi serta kurang cakap bila dibanding dengan perangkat Business Computer (komputer bisnis) pada masa itu, sehingga perangkat ini hanya dipakai oleh para peminat komputer, atau hanya sebagai permainan elektronik dan pemakaianan bulletin board system. Seperti halnya komputer modern pada era chip silikon, Personal Computer memakai mikrokomputer sebagai Unit Pemroses Pusat-nya . Mikroprosesor pertama yang digunakan pada Personal Computer  IBM ialah Intel 4004 yang dirilis pada tanggal 15 November 1971.

Mikrokomputer jadi alat perniagaan saat program spreadsheet VisiCalc dirilis untuk mesin Apple II, dan selanjutnya untuk kelompok 8-bit Atari, PC IBM dan Commodore PET yang jadi program aplikasi terpopuler. Di sekitaran tahun 80-an, harga personal komputer yang rendah jadi sebab utama kepopulerannya untuk pemakaian di rumah dan juga bisnis. Di tahun 1982, majalah Time memberi "Personal Computer" gelar "Man of the Year".  Kebanyakan Personal Computer memakai arsitektur hardware (piranti keras) yang kompatibel dengan PC IBM, seperti prosesor yang kompatibel dengan x86 dari Intel, contohnya produk dari AMD serta Cyrix. Kemampuan hardware “komputer pribadi “ biasanya biasanya dikembangkan dengan cara menambahkan kartu tambahan (expansion card).

0 Komentar "Pengertian Dasar Personal Computer "