Friday, November 22, 2013

Beberapa Pengertian Komputer



Komputer adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk mengolah data yang bisa dipakai sesuai dengan perintah yang sudah dirumuskan. Sementara istilah komputer sendiri pada mulanya dipakai sebagai sebutan untuk seseorang yang memiliki pekerjaan dalam bidang perhitungan aritmatika, yang mana seseorang itu tanpa memakai alat bantu, akan tetapi arti kata itu pada sebuah mesin. Pengolahan beragam informasi hampir seluruhnya akan selalu berhubungan dengan aritmatika, akan tetapi pada kenyataannya komputer modern dipakai oleh orang untuk mengerjakan sebuah pekerjaan yang bahkan tak berhubungan dengan ilmu matematika. Nah, untuk membahas lebih jauh mengenai pengertian dan definisi Komputer, bisa dilihat dari pengertian komputer menurut para ahli berikut ini.
1.       Donald H. Sanderes, 1985
Komputer merupakan sistem elektronika yang mempunyai kemampuan memanipulasi data secara cepat serta tepat dan dirancang serta diorganisasikan supaya bisa secara otomatis menerima serta menyimpan data input, memproses, dan kemudian menghasilkan output di bawah pengawasan sebuah langkah instruksi program (OS/Sistem Operasi) yang tersimpan di di dalam penyimpan (stored program).
2.       Robert H. Blissmer, 1985
Komputer merupakan sebuah alat elektronik yang mempunyai kemampuan untuk melakukan sejumlah tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah serta menyediakan output ke dalam bentuk informasi.
3.       Larry Long dan Nancy Long
Komputer merupakan alat hitung elektronik yang dapat menginterpresentasikan dan melaksanakan perintah program yang berupa input, output, perhitungan, serta operasi-operasi logika lainya.
4.       Elias M. Awad
Komputer merupakan sebuah alat hitung yang bisa memproses data supaya bisa disajikan di dalam bentuk data digital serta data analog.
5.       William M. Fuori
Komputer merupakan sebuah alat pemroses data yang bisa melakukan perhitungan besar dengan cepat, termasuk dalam perhitungan aritmetika serta operasi logika, tanpa adanya campur tangan manusia.
6.       Williams, Sawyer
Komputer merupakan mesin multifungsi yang bisa diprogram, yang menerima data (fakta dan gambar kasar) serta memproses ataupun memanipulasinya dalam informasi yang bisa kita pergunakan
Sementara itu, ada juga sejumlah pendapat mengenai pengertian komputer itu sendiri seperti “komputer adalah yang memproses informasi” atau ada pula yang menyebutnya “sistem pengolah informasi”. Saat ini, perkembangan teknologi dari tahun ke tahun memang makin canggih dan begitu cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik teknologi telah berkembang, akan tetapi perlu di ketahui, bahwa pada awalnya, Komputer tidaklah se sederhana seperti saat ini yang kecil dan praktis.

0 Komentar "Beberapa Pengertian Komputer"